Hai Sob,

 

Seperti yang mungkin sudah Kamu ketahui sebelumnya, bahwa selama 2 hari ini ramai informasi terkait akses dari Indihome / Telkom yang mengalami kendala ke jaringan internet exchange Indonesia, baik OpenIXP maupun IIX. Bagi Kamu yang juga pelanggan dari beberapa provider hosting lain, mungkin Kamu juga telah menerima update bahwa akses melalui koneksi Telkom / Indihome menjadi lambat atau bahkan tidak bisa diakses.

 

Sebagai konteks, hampir seluruh provider hosting maupun ISP di Indonesia menempatkan jalur konektivitas jaringannya melalui OpenIXP dan juga IIX, yang mana hal ini memungkinkan untuk pertukaran konten internet yang cepat dan adil. Telkom melalui Indihome, memiliki trafik paling besar di Indonesia, yang mana saat ini trafik pelanggannya yang besar itu, tidak lagi terakomodasi dengan kapasitas infrastruktur yang dimiliki Telkom ke arah internet exchange nasional tersebut. Hal inilah yang menyebabkan akses ke seluruh provider dari koneksi Indihome / Telkom mengalami beberapa kendala seperti lambat atau bahkan tidak bisa diakses. Dari konteks ini, sangatlah wajar ketika semua provider mengatakan bahwa hal ini di luar kuasa mereka, karena memang hanya Telkom sendiri yang mampu mengatasi masalah ini dengan meningkatkan kapasitas infrastruktur mereka.

 

Dan kami di Jagoan Hosting juga dalam posisi yang sama dengan mereka semua. Namun, sambil menunggu pihak Telkom melakukan peningkatan, kami mengupayakan yang terbaik yang masih dalam kuasa kami agar akses Kamu tetap normal, yaitu:

 

  1. Mengaktifkan beberapa jalur alternatif dari/ke arah telkom melewati internet exchange lain.
  2. Mengupayakan komunikasi dengan pihak Telkom untuk membangun kerjasama jalur direct-peering.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga upaya ini akan menjadi alternatif solusi terbaik sembari menunggu respon perbaikan dari Telkom. Jika Kamu mengalami akses lambat dari koneksi lain selain Indihome / Telkom, silahkan untuk tetap menghubungi kami melalui member area.



Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya, ya sob?

 

Regards,

Jagoan Hosting Indonesia



Wednesday, June 9, 2021



« Kembali

Powered by WHMCompleteSolution